Penyebab Tubuh Lemas Setelah Bangun Tidur

CaraSehat - Seringkali saat bangun tidur orang merasakan lemas dan juga lelah, dan sebagian besar pasti anda mengalaminya juga. seharusnya dengan beristirahat terutama tidur tubuh bisa menjadi lebih segar dan semangat saat pagi harinya, akan tetapi malah terjadi yang sebaliknya. Tubuh anda terasa sangat pegal dan mata menjadi terasa berat sehingga membuat anda neggan beranjak dari tempat tidur.


Hal tersebut terjadi diarenakan oleh kebiasan anda sendiri baik itu saat pagi, siang atau menjelang waktu tidur anda. Lalu apa sajakah kegiatan yang dapat membuat tubuh menjadi lemas seusai bangun tidur?

Ilustrasi Bangun Tidur
Berikut adalah beberapa kebiasaan yang dapat membuat Tubuh Lemas Setelah bangun Tidur :



1. Malas berolahraga
Olahraga mampu meredakan stress dan membangkitkan mood menjadi lebih baik dan juga menghasilkan tidur yang lebih nyenyak dan lelap sehingga membuat tubuh terasa lebih segar dan bersemangat saat bangun di pagi hari. Jenis olahraga  yang tepat untuk hal ini adalah seperti Yoga, Stretching atau peregangan dan juga olahraga lain yang meningkatkan detak jantung.

2. Makan Junk Food Sebelum Tidur

Hindari makanan pedas, makanan asam, dan makanan lain yang bisa menggangu pencernaan anda lalu makanan instan seperti sosis, burger ataupun yang sejenis bisa membuat perut menjadi kembung sehingga terasa tak nyaman, hal ini bisa membuat anda buang gas atau bersendawa saat malam hari. Hal semaam ini bisa membuat anda terganggu saat tidur sehingga bisa membuat anda kelelahan saat bangun tidur  nantinya.
3. Terlalu lama Bermain Gadget

Pada jaman sekarang ini hampir setiap orang memiliki perangkat gadget, memang tidak salah memiliki gadget. Akan tetapi terlalu lama dan sering memainkan gadget sebelum tidur bisa menyebabkan istirahat dan waktu tidur anda terganggu. Kebiasaan seperti itu  tentu saja tidak baik dan dapat menurunkan kualitas tidur anda, apalagi hal tersebut cuma sekedar melihat posting atau status terupdate dari teman anda sehingga anda lupa waktu dan tidur hingga larut malam. Akan lebih baik jika anda mandi air hangat atau membaca buku dan jauhkan barang elektronik anda dari tempat tidur sebelum tidur agar tidur lebih nyenyak.
4. Kurang Sinar Matahari

Pastikan bahwa kamar anda mendapatkan sinar matahari yang ukup melalui jendela sehingga memberi sinyal untuk otak agar segera bangun. Jika kamar anda gelap ritme sikardian anda akan sulit untuk membedakan siang dan malam sehingga anda sulit bangun saat pagi.
5. Terlalu Banyak Minum Kopi

Minum kopi terlalu banyak dapat menyebabkan anda sulit tertidur dan hal ini akan membuat anda kelelahan dan merasa lemas saat bangun tidur nantinya. Kopi mengandung kaffein yang dapat membuat jantung menjadi lebih cepat berdetak sehingga menyulitkan anda untuk tertidur dan hal itu sangat mengganggu anda ketika anda ingin cepat-cepat tidur. Maka disarankan jangan mengkonsumsi kop ataupun minuman yang berkafein saat ingin tidur.
6. Memikirkan Masalah Sebelum Tidur.

Jika anda memiliki masalah mengenai pekerjaan, asamara ataupun kelaurga usahakan untuk tidak membawanya ke tempat tidur atau saat anda hendak tidur. Karena hal ini dapat mengganggu keefektifan waktu tidur anda dimalam hari sebab anda akan lupa dengan waktu, anda akan terus berfikit dan berfikir sehingga hal ini akan membuat anda lemas dan lelah saat anda terbangun nantinya. Saat hendak tidur hilangkan semua pikiran dan masalah anda sejenak, buatlah diri anda dan pikiran anda rileks, sehingga mendapat istirahat yang efektif dan membuat badan menjadi segar dan berstamina.
Sekian artikel mengenai Penyebab Tubuh Lemas Setelah Bangun Tidur, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua. Apabila anda belum bisa mendapat istirahat yang efektif karena hal-hal tersebut semoga setelah anda membaca artikel ini anda dapat beristirahat dengan nyaman dan nyenyak setelah melaksanakan kiat-kiat tersebut sehingga anda bisa mendapat tidur yang sehat.


Previous
Next Post »

Berkomentarlah dengan sopan dan bijaksana Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment