Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan

CaraSehat - Buah pepaya selain enak rasanya juga sangat berguna dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh, seperti untuk memperlancar pencernaan dan juga bisa digunakan untuk diet. Akan tetapi bukan cuma buahnya saja ternyata daun pepaya juga memiliki segudang manfaat dan kegunaan bagi kesehatan tubuh. Meskipun pahit yang menjadi ciri khas daun pepaya tetapi itu sebanding dengan manfaat yang ada pada daun pepaya itu. Sangat jauh berbeda dengan buahnya yang memiliki rasa manis, daun pepaya memang memiliki rasa pahit sehingga banyak orang tidak suka dan menghindarinya. Lalu apa saja manfaat daun pepaya bagi kesehatan tubuh?

Ilustrasi Daun Pepaya
 Berikut adalah beberapa manfaat daun pepaya bagi kesehatan tubuh :

1. Penambah Nafsu Makan
Jika anda bermasalah dengan nafsu makan disarankan anda membuat ramuan (jamu) dengan daun pepaya, karena bisa memperlancar pencernaan daun pepaya bisa menambah nafsu makan. Caranya cukup mudah, sediakan daun pepaya segenggam tangan, air hangat 1/2 gelas dan sedikit garam. Campurkan bahan-bahan tadi lalu blender, ambil airnya dengan disaring lalu minumlah. Ramuan (jamu) ini juga aman untuk dikonsumsi oleh anak-anak.

2. Memperlancar Sistem Pencernaan
Daun pepaya mengandung zat karpain (sejenis kandungan kimia pembunuh mikroorganisme pengganggu sistem pencernaan), sehingga sangat efektif untuk memperlancar sistem pencernaan anda. Konsumsilah daun pepaya yang direbus, dimakan secara langsung atau mengkonsumsi dengan makanan pendamping (contoh dengan lauk tumpang atau sambal tomat) untuk memperlancar sistem pencernaan anda. Lakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

3. Memperlancar ASI Ibu Menyusui
Daun pepaya juga memilki manfaat sebagai bahan untuk memperlancar ASI bagi ibu menyusui selain daun katuk. Caranya cukup mudah, ambilah satu lembar daun pepaya lalu panaskan diatas api (jangan sampai gosong) kemudian pakailah untuk menghangatkan daerah disekitar payudara ibu menyusui. Yang harus diingat jangan digunakan diarea dekat puting.

4. Obat Alami Demam Berdarah
Daun pepaya mengandung senyawa alkaloid carpaine, papain, flavanoid, saponin, tanin, violaksantin yang mana zat tersebut dapat menghambat perkembangan virus dalam tubuh, salah satunya virus demam berdarah dimana virus akan melemah dan akan meningkatkan jumlah trombosit dalam darah perlahan tapi pasti sehingga akan sembuh dari demam berdarah.

Dibalik rasanya yang pahit ternyata daun pepaya sangat bermanfaat salah satunya adalah obat alami demam berdarah tadi, sehingga bagi penderita demam berdarah disarankan mengkonsumsi daun pepaya untuk menetralkan gejala demam berdarah. Caranya cukup mudah, rebus daun pepaya lalu campur dengan temulawak, meniran secukupnya dan gula merah. Setelah dingin lalu saring airnya dan minum, untuk hasil maksimal lakukan dengan rutin (Tapi jangan lupa juga untuk memeriksakan diri ke dokter).

Sekian artikel mengenai manfaat daun pepaya bagi kesehatan, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua. Meskipun rasanya pahit daun pepaya memiliki segudang manfaat dan kegunaan yang sangat berharga bagi kesehatan anda, jadi jangan ragu-ragu untuk mengkonsumsi daun pepaya.


Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
9 Oktober 2014 15.56 ×

Supaya tdk trlalu terasa pahit, baiknya dikomsumsi dgn tambahan bumbu kacang atau dipecel. I like it

Balas
avatar
admin
13 Juni 2017 09.39 ×

yang sudah saya buktikan adalah manfaat nomor 1 di atas. daun pepaya memang dapat menambah nafsu makan. buat anak yang nggak doyan makan bisa dicoba dengan daun pepaya.
cara memutihkan kulit wajah secara alami

Balas
avatar
admin

Berkomentarlah dengan sopan dan bijaksana Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment